Selasa, 15 Mei 2012

Menerapkan Kebersihan Pada Anak Di Rumah


Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Inilah pepatah yang akan terus diingat oleh banyak orang karena memang sudah diketahui oleh banyak orang. Namun, sayangnya,  tidak banyak orang yang mengaplikasikan pepatah ini dalam kehidupannya sehari-hari. Mengingat kebersihan itu penting dan berhubungan dengan kesehatan, ada baiknya anda sebagai orang tua, mulai menerapkan hal ini sejak dini pada anak.

cuci tangan di wastafel

cuci tangan dengan sabun

Anak memang seharusnya dibiasakan untuk menjaga kebersihannya sejak dini karena hal tersebut akan terbawa hingga ia dewasa kelak. Inilah sebabnya para orang tua harus mengajarkannya dari sejak ia sudah bisa berkomunikasi, sekitar usia satu tahun.  Anak dengan usia satu tahun memang sudah dapat memberikan tanda jika tangannya kotor atau berwarna beda dari anggota tubuh lainnya juga.

Anak akan dapat berkomunikasi dengan cara bersuara jika ada anggota tubuhnya yang kotor. Selain itu, anak juga akan merasa tidak nyaman ketika ada bagian tubuhnya yang kotor. Disinilah waktu yang tepat untuk orang tua untuk mulai memberikan informasi pentingnya menjaga kebersihan.

Salah satu langkah yang tepat bagi si kecil untuk mulai mejaga kebersihan adalah dengan dengan memberikan contoh yang nyata tentang sesuatu yang kotor dan bersih.  Anda dapat memberikan ekspresi wajah yang berbeda ketika anda melihat tangannya yang kotor. Ia akan segera menyadari bahwa ada yang salah dengan tangannya.

Jika si kecil sudah mampu mengatakan sebuah kata, maka anda dapat memberikannya mana tangannya yang kotor dan yang bersih. Dengan memberikan contoh ini, maka si kecil dapat membedakan konsep ‘bersih’ dan ‘kotor’ secara nyata.

tempat makan yang bersih

peralatan untuk membersihkan rumah


Jika si kecil sudah menyadari perbedaan konsep tersebut, maka inilah saat yang tepat untuk mulai menerapkannya pada tubuhnya. Anda dapat mengajarkannya bagaimana mengatasi tangannya yang kotor.  Salah satunya adalah dengan mencuci tangannya di wastafel atau di kamar mandi. Namun, bagaimanapun juga, anda harus tetap selalu mengawasi si kecil ketika ia sedang mencuci tangan mengingat ia dapat saja malah bermain air atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kamar mandi.

Jika si kecil sudah mulai beranjak besar, balita, maka anda dapat mulai memberitahukan bagaimana menjaga kamar tidurnya atau meja makannya. Ini adalah hal yang sering dilewatkan oleh banyak orang tua karena oang tua menganggap ini adalah hal yang sepele dan tidak penting. Padahal, kebiasaan buruk sekecil apapun akan membawa dampak buruk ketika ia dewasa kelak. Salah satu contohnya nyata adalah tidak membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau setelah dari toilet.

Mengajarkan kebersihan pada anak sejak dini memang terbilang cukup sulit mengingat anda juga harus memberikan contoh nyata bagi mereka.  Namun, anda akan mendapatkan keuntungannya di kemudian hari.

1 komentar:

  1. postingan yang bagus tentang menerapkan kebersihan pada anak di rumah

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...